30 April 2017
Comments: 0
30 April 2017, Comments: 0

Pendirian PT (Perseroan Terbatas) merupakan langkah konkret yang selalu diambil oleh para pelaku usaha atau bisnis. Perseroan Terbatas merupakan suatu organisasi bisnis yang berbadan hukum serta memiliki tujuan untuk menjalankan usaha dengan besaran modal tertentu. Modal tersebut meliputi saham-saham yang serta modal awal dari pemilik atau pendiri Perseroan Terbatas tersebut. Bagi mereka yang telah memiliki ide bisnis kreatif sesuai minat dan bakat sekaligus ditambah modal awal yang cukup merupakan langkah awal dalam rencana pembuatan PT. Selain itu, mendirikan sebuat Perseroan Terbatas (PT) juga merupakan tindakan yang bijaksana yaitu menyediakan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran dalam negeri maupun luar negeri sekalipun. Di lain sisi, hal itu juga mampu mendongkrak perekonomian dalam negeri jika Perseroan Terbatas tersebut mampu berbasing di kancah nasional ataupun internasional. Di Indonesia misalnya, sudah sangat banyak Perseroan Terbatas yang mampu berkreasi di kancah internasional.

Hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum melalui proses pendirian PT (Perseroan Terbatas)

Mendirikan sebuah Perseroal Terbatas (PT) adalah sebuah tantangan serta peluang laba jika mereka (para pelopor PT) mampu merealisasikan dengan rencana-rencana strategis. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum merealisasikan pendirian PT antara lain:

  1. Tentukan ide usaha anda. Hal ini penting karena ide-ide yang anda gagas harus disesuaikan dengan perkembangan zaman serta kebutuhan masyarakat pada umumnya. Misalkan anda adalah seorang yang ahli dalam bidang Teknologi Informasi (TI) yang berbasis sistem.Berarti, ide usaha tersebut kira-kira mengarah pada jasa penyedia internet ataupun jasa penjualan sistem informasi yang saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri.
  2. Pastikan anda memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha. Modal yang perlu anda siapkan juga bervariasi. Hal itu tergantung jenis usaha yang akan anda jalankan. Sebagai contoh, jika anda akan mendirikan sebuah perusahaan IT (Information & Technology), modal yang mungkin harus anda sediakan berkisar Rp. 400.000.000,- sampai Rp. 800.000.000,-.
  3. Selain dua faktor pendukung tersebut, anda sangat disarankan untuk memilih rekan usaha untuk membantu mengawali usaha anda secara selektif. Dengan demikian, anda akan sangat terbantu untuk proses selanjutnya sampai Perseroan Terbatas anda berdiri secara resmi.

Tata cara dalam mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT)

Mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) tidaklah semudah mendirikan toko atapun warung kopi. Proses pendirian PT akan melalui beberapa tahap sebelum secara resmi mendapatkan pengakuan serta pengesahan dari pemerintah. Berikut beberapa tata cara dalam mendirikan PT:

  1. Pembuatan akta perusahaan

Akta perusahaan wajib anda miliki sebagai langkah awal. Hal itu diwajibkan karena Perseroan Terbatas, yang notabene merupakan perusahaan berbadan hukum. Akta perusahaan berisi informasi tentang nama PT yang anda inginkan, jenis bidang usaha atau bisnis, daftar pemilik saham ataupun modal, besaran modal awal, serta daftar nama para direktur maupun komisaris.

  1. Mendapat Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)

Anda bisa mendapatkan Surat Domisili Usaha di kantor kelurahan dimana anda mendirikan usaha. Biasanya, petugas kelurahan akan selalu menanyakan status tempat usaha anda. Jika tempat usaha anda berstatus sewa, mereka akan meminta copy surat perjanjian sewa-menyewa. Jika tempat usaha adalah kepemilikan pribadi, mereka akan meminta copy sertifikat tanah anda. Dalam proses pembuatan surat tersebut, anda akan dikenai biaya administrasi. Besaran biaya administrasi cenderung berbeda karena setiap kantor kelurahan memiliki standar dan ketentuan yang berbeda.

  1. Pembuatan NPWP

Untuk membuat suatu PT, anda diwajibkan memiliki NPWP atas nama perusahaan. Hal tersebut berguna untuk mengatur perpajakan pada perusahaan.

  1. Mendapatkan SK dari Kementerian Hukum dan HAM

Hal ini berguna untuk mendapatkan legalitas hukum perusahaan untuk menjadikan perusahaan sebagai badan hukum.

  1. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Hal ini berguna agar usaha yang anda jalankan dapat beroperasi dengan lancar. Selain itu juga berguna apabila PT tersebut terlibat dalam beberapa proyek.

Dengan anda mengikuti tata cara tersebut dengan persyaratan pembuatan PT yang telah disetujui maka anda telah berhasil melakukan pendirian PT.

Jika anda membutuhkan Jasa Pendirian PT yang Terpercaya dan Profesional, jangan ragu untuk menghubungi kami:

Jakarta Speed Services
Gd. Pembina Graha Lantai 2 R. 23
Jl. DI Panjaitan (By Pass) No. 45
Jakarta Timur.
Telp/SMS : 0812-98888-626
Email : jktspeed@gmail.com
Website: www.jakartaspeed.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *